Text
Gambaran Sikap, Peran Petugas dan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Usila di Puskesmas Mersam Kabupaten Batang Hari Tahun 2014
Indonesia salah satu negara berkembang yang mengalami peningkatan penduduk untuk lanjut usia atau lansia. Jumlah penduduk usia 60 tahun keatas makin meningkat. Pada 2020 menjadi 28,7 juta atau 11,34 persen. Lansia dituntut mandiri dan sehat (Kemenkes RI, 2011).rnBahkan untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan dari peningkatan jumlah lansia ini, Presiden Republik Indonesia telah membentuk Komisi Nasional Lansia yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2004 tentang komisi nasional lanjut usia. Komisi nasional lanjut usia merupakan wadah koordinasi antara pemerintah dan masyarakat yang bersifat non struktural dan independen dalam melaksanakan tugasnya (Kepres RI Nomor 52 Tahun 2004).rnTujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya gambaran sikap dan peran petugas dan pelayanan kesehatan usila di puskesmas mersam kabupaten batang hari tahun 2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran variabel sikap, peran petugas dan pelayanan kesehatan lansia. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Mersam pada tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini seluruh usila dengan sampel dari empat (4) desa yang sebelum Tahun 2014 mempunyai kegiatan Posyandu Usila. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara menanyakan kepada responden yang dibantu dengan kuesioner. Hasil penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat dengan bantuan komputer.rnBerdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari 100 responden, sebanyak 52 orang (52%) kurang baik dan sebanyak 48 orang (84%) baik memanfaatkan pelayanan kesehatan usila, dari 100 responden, sebanyak 49 orang (49%) mempunyai sikap kurang baik dan sebanyak 51 orang (51%) mempunyai sikap baik dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan usila. Dari hasil analisis data ini berarti lebih banyak usila yang mempunyai sikap baik untuk memanfaatkan pelayanan usila, dari 100 responden, sebanyak 48 orang (48%) mengatakan peran petugas kurang baik dan sebanyak 52 orang (52%) mengatakan peran petugas baik dalam mendorong memanfaatkan pelayanan kesehatan usila di Puskesmas Mersam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain